Seminar Nasional Penelitian Kebijakan MBKM dan Abdimas Berbasis Hasil Riset

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta telah melaksanakan serangkaian kegiatan penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) berbasis purwarupa hasil riset tahun 2021. Hasilnya, UST melampui target yang dipersyaratkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek.

Ketua Tim Peneliti UST sekaligus Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UST Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd. menyampaikan bahwa penelitian kebijakan MBKM menggunakan metode survei dengan instrumen angket. Ada 3 target sasaran yaitu mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan (tendik) sebanyak 2.182 orang. UST melampaui target dengan ketercapaian 3.534 orang yang melaksanakan penelitian (mengisi angket), dengan rincian mahasiswa 2.000 orang, dosen prodi S1 150 orang dan tendik prodi S1 56 orang. Sedangkan untuk Abdimas UST juga berhasil melampaui target yang dipersyaratkan. Dari 3 judul abdimas berbasis hasil riset yang ditergetkan, UST berhasil mengikutkan 5 judul abdimas. Begitu pula dengan luaran penelitian dan luaran abdimas yang semuanya melampaui target. Melalui seminar ini dan masukan dari narasumber, diharapkan UST akan meningkat kualitas maupun kuantitasnya dalam penelitian MBKM dan Abdimas berbasis riset.

Rektor UST Ki Prof. Drs. Padimin, M.Pd., Ph.D. dalam sambutannya menyatakan bahwa kinerja penelitian UST saat ini sudah berada di klaster utama, sedangkan untuk abdimas UST memiliki kinerja sangat bagus dan berada di ranking 100 besar perguruan tinggi negeri/swasta se-Indonesia. Keberhasilan UST yang berhasil melampaui target dalam penelitian MBKM dan Abdimas ini sangat kita syukuri dan akan terus kita tingkatkan dari sisi jumlah maupun kualitasnya.

Seminar Nasional Penelitian MBKM dan Abdimas Berbasis Hasil Riset yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2022 di Prime Plaza Hotel Jogjakarta terselenggara atas kerjasama Sekretariat Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek dengan UST. Seminar tersebut dilaksanakan secara hibrid (luring dan daring) menghadirkan Keynote Speaker, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. (Kepala LLDikti V Yogyakarta) dan Prof. YL. Sukestiyarno, M.S., Ph.D. (Universitas Negeri Semarang). Adapun para narasumber, Dr. Imam Ghozali, M.Sc. (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta), Ir. Jap Tji Beng, M.M.S.I., Ph.D. (Universitas Tarumanegara Jakarta), Dr. Sri Rahayu, S.Pd., M.Pd. (Universitas Asahan Sumatera Utara)