Penandatanganan Surat Perjanjian (Kontrak) Pelaksanaan Program Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju – Gelombang I Tahun 2022

LP2M-UST menyelenggarakan acara Penandatanganan Surat Perjanjian (Kontrak) Pelaksanaan Program Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju – Gelombang I Tahun 2022. Acara yang berlangsung pada tanggal 1 Juli 2022 bertempat di Ruang Sidang LP2M UST dimulai pukul 09.00 WIB s.d. 10.00 WIB dilakukan oleh Ketua Peneliti (Dr. Moh. Rusnoto Susanto, S.Pd., M.Sn. / Dosen Prodi Seni Rupa – FKIP UST) dan Kepala LP2M UST (Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd.) didampingi Sekretaris LP2M UST (Dr. Didi Supriadi, S.Si., MP.d.) dan Ketua Pusat Penelitian LP2M UST (Dr. Sri Adi Widodo, S.Pd., M.Pd.)

Pelaksanaan penandatanganan surat perjanjian (kontrak) Program Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju berdasarkan Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Pendanaan Riset dan Inovasi, Badan Riset dan Inovasi Nasional dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa tentang Pelaksanaan Program Riset dan Inovasi Untuk Indonesia Maju Gelombang I Tahun 2022.

Pendanaan Prioritas Riset Nasional (PRN) adalah pendanaan riset yang diberikan kepada institusi/lembaga tertentu untuk melaksanakan PRN yang merupakan implementasi dari Rencana Induk Riset Nasional (RIRN).

Pendanaan PRN 2022-2024 meliputi 9 bidang fokus riset yaitu:

  1. Pangan
  2. Energi
  3. Kesehatan
  4. Transportasi
  5. Rekayasa Keteknikan
  6. Pertahanan dan Keamanan
  7. Kemaritiman
  8. Sosial Humaniora, Pendidikan, Seni, dan Budaya
  9. Multidisiplin dan Lintas Sektoral

Penandatanganan surat perjanjian (kontrak) yang dilakukan peneliti dengan LP2M yaitu penelitian dengan pendanaan Program Prioritas Riset Nasional – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),  Bidang Fokus: Sosial Humaniora, Pendidikan, Seni dan Budaya. Topik Riset: “Kajian Inovasi dan Pengkayaan Seni serta Industri Kreatif, Pelestarian dan Perlindungan Nilai-Nilai Budaya, Kearifan Lokal, Bahasa, dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia dan Penguatan Masyarakat Sipil (RT-SDA).”

Adapun judul proposal yang disetujui: “Redesain Produk Inovatif Tas-Fashion Berbasis Up-Cycle Limbah Kayu Mindi di Krebet – Bantul.”

Ketua Peneliti: Dr. Moh. Rusnoto Susanto, S.Pd, M.Sn. (UST)

Anggota:

  1. Bayu Rahmat Setiadi, S.Pd, M.Pd. (UNY-Anggota 1)
  2. Dr. Mita Purbasari, MFA. (BINUS-Anggota 2)
  3. Lusiana, S.T., M.T. (Metalurgi & Material-BRIN-Anggota 3)
  4. Zainul Faizien Hasa, S.T., M.T., Ph.D. (UST-Anggota 4)
  5. Rudy Susatyo, S.H., M.H. (Dirjen HKI DIY-Anggota 5)
  6. Nurcholish Arifin Handoyono, S.Pd., M.Pd. (UST-Anggota 6)
  7. Ratih Pratiwi, S.Pd, M.Si., M.M. (UNWAHAS-Anggota 7)

Tim Mahasiswa / Expert / Teknisi

  • Mahasiswa : 12 mhs (setiap Perguruan Tinggi pengusul mengutus 4 mahasiswa)
  • 1 personil Tim Expert dan 2 teknisi