Program Insentif Pengabdian Masyarakat yang Terintegrasi dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU bagi PTS Tahun 2022 – di Canden, Jetis, Bantul.

LP2M UST menyelenggarakan kegiatan PROGRAM INSENTIF PENGABDIAN MASYARAKAT YANG TERINTEGRASI DENGAN MBKM BERBASIS KINERJA IKU BAGI PTS TAHUN 2022 dengan tema “Kegiatan Kampung Bangkit (KKB)” kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman.

Program kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Desember 2022 di Desa Canden, Jetis, Bantul yaitu   “PEMBERDAYAAN KOMUNITAS JAMU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINTAS GENERASI DI MASYARAKAT” dengan Ketua: Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd. dan anggota: Dr. Syamsul Hadi, M.M., Dr. Didi Supriadi, S.Si., M.Pd., Dinar Westri Andini, M.Pd. serta 5 orang mahasiswa.

Ruang lingkup kegiatan di wilayah Canden, Jetis, Bantul yaitu program “Kampung Bangkit” diarahkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat yang berada dalam sebuah wilayah tertentu seperti Desa/Kelurahan/Kampung berdasarkan analisis situasi yang komprehensip dengan target mitra penerima manfaat adalah kelompok masyarakat umum ataupun kelompok usaha masyarakat yang selama ini sudah berjalan namun membutuhkan penguatan berpotensi membangkitkan potensi wilayah tersebut sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Program dalam kegiatan ini dinamakan “Nderek Langkung” di mana merupakan akronim dari Nde : Ndelok yang bermakna melihat, mengamati, Rek: Rekso yang berarti mempertahankan dan menjaga, Lang : Langgeng yang berarti lestari dan Kung : Dukung yang berarti ikut berpartisipasi secara langsung”.

Adapun mitra sasaran kegiatan di wilayah Kabupaten Bantul yaitu: (a) Kelompok Jamu Gendong Kiringan Canden, Jetis, Bantul; (b) Jahe Instan Sarekan (JIS) Sarekan, Plembutan, Canden, Jetis, Bantul: (c) Komunitas Anak LUKU Sarekan, Plembutan, Canden, Jetis, Bantul; (d) SAWATU Plembutan, Canden, Jetis, Bantul; dan (e) Pemerintah Desa Canden, Jetis, Bantul.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi:
– Workshop Peningkatan Kapasitas Kelompok Kamu Gendong dan JIS (terkait produksi, manajemen usaha, pembukuan dan pengelolaan usaha, pemasaran, dan iklan di media sosial/website)
– Workshop Pelatihan Kepada Komunitas Jamu dalam Memberikan Materi tentang Regenerasi Jamu kepada Anak-anak.
– Workshop Sastra Anak untuk Mengembangkan Ide Kratifitas dalam Berliterasi.
– Monitoring dan Evaluasi Internal
– Penyerahan Bantuan Peralatan