Bakti Kampus Mahasiswa KKN Periode I Tahun Akademik 2022/2023

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menyelenggarakan Bakti Kampus dengan tema: “Kampoeng-Kampus: Cinta & Peduli Lingkungan”. Bakti Kampus dimaksudkan sebagai salah satu perwujudan kerja nyata mahasiswa sebelum diterjunkan di lokasi KKN.

Pada pelaksanaan KKN Antar Semester Periode I Tahun Akademik 2022/2023 Tematik “Dewantara Muda Mengabdi Bagimu Negeri” terbagi menjadi dua model KKN, yaitu KKN Mandiri (lokasi dan program KKN berdasarkan rekomendasi dari mahasuswa KKN) dan KKN Terprogram (lokasi KKN di desa mitra UST)

Lokasi KKN Mandiri di wilayah Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Magelang. Sedangkan Lokasi KKN Terprogram di wilayah Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta.

Kegiatan Bakti Kampus mahasisa KKN dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa yang merupakan perwakilan dari keseluruhan peserta KKN sejumlah 897 mahasiswa (105 Padepokan/Kelompok) dengan dibimbing oleh 48 DPL (Dosen Pembimbing Lapangan).

Upacara pembukaan Bakti Kampus bertempat di halaman Kampus Pusat UST diawali dengan laporan Kepala LP2M UST (Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd.), dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta (Agus Tri Haryono ST.,MT), kemudian sambutan Wakil Rektor I UST (Dr. Imam Ghozali, MSc.) sekaligus secara resmi membuka kegiatan Bakti Kampus.

Upacara pelepasan Bakti Kampus dihadiri oleh Pimpinan UST, Kepala BAPPEDA Kota Yogyakarta, Kemantren Umbulharjo, Kapolsek Umbulharjo, Lurah Tahunan, para Dekan dan Kepala Biro di lingkungan UST, para Kapus LP2M UST, Dosen Pembimbing (DPL) KKN, Taskforce KKN LP2M UST, UKM PIK-M dan MENWA UST serta para tamu undangan.

Upacara pembukaan dan pelepasan peserta Bakti Kampus ditandai secara simbolik dengan penyerahan tanaman oleh Wakil Rektor I UST didampingi oleh Kepala LP2M  kepada mahasiswa perwakilan peserta Bakti Kampus, serta penyerahan secara simbolik peralatan kebersihan yang dilakukan oleh Kepala Bappeda Kota Yogyakarta didampingi oleh Kemantren Umbulharjo dan Lurah Tahunan kepada perwakilan mahasiswa Bakti Kampus.

Kegiatan Bakti Kampus dilakukan oleh mahasiswa KKN bersama-sama dengan warga sekitar berupa kegiatan kebersihan lingkungan dan penanaman sesuai dengan tema “Kolaborasi Kampung-Kampus: Cinta dan Peduli Lingkungan” sekaligus dalam rangka memperingati 100 Tahun Tamansiswa. Dalam pelaksanaannya mahasiswa dibagi menjadi lima kelompok sesuai dengan lokasi Bakti Kampus, yaitu:

1) Komplek Pendapa Tamansiswa, di Jl. Tamansiswa No.25 Yogyakarta.

Kegiatan  Bakti Kampus dilaksanakan di lingkungan Pendapa Tamansiswa, Museum Dewantara Kirti Griya, Taman Indria (TK) Ibu Pawiyatan Tamansiswa, Taman Muda (SD) Ibu Pawiyatan Tamansiswa, Taman Dewasa (SMP) Ibu Pawiyatan Tamansiswa, Taman Karya Madya (SMK) Ibu Pawiyatan Tamansiswa, Taman Madya (SMA) Ibu Pawiyatan Tamansiswa, dan Lapangan Taman Madya.

2) Lingkungan di area Makam Wijayabrata, Jl. Soga No.28 Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

3) Tamansiswa Jetis di Jl. Pakuningratan No.34 A Yogyakarta.

Kegiatan  Bakti Kampus dilaksanakan di lingkungan Taman Muda (SD) Tamansiswa, Taman Dewasa (SMP) Tamansiswa, Taman Karya Madya Teknik (SMK) Tamansiswa, Taman Madya (SMA)  Tamansiswa.

4) Lab. Praktek Taman Karya Madya Teknik (SMK) Jetis, yang berlokasi di Jl..Bintaran Wetam No.13 Kota Yogyakarta.

5) Lingkungan pasar wisata Kebon Empring, yang berlokasi di Dudun Bintaran Wetan, Kelurahan Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul.