Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan KKN Periode I Tahun Akademik 2022/2023

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) menyelenggarkan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I Tahun Akademik 2022/2023. Acara dengan tema “GELAR PRESTASI DAN PARTISIPASI, KOLABORASI KAMPUNG-KAMPUS DALAM MEWUJUDKAN KAMPUNG RAMAH ANAK” dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 22022 bertempat di lapangan depan Kantor Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul DIY.

Acara Monitoring dan Evaluasi KKN diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, diteruskan dengan penampilan tari pembuka. Berikutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Kalurahan Canden (Bapak Beja, S.H., M.H.Li), sambutan dan laporan oleh Kepala LP2M (Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd.), Sambutan Rektor UST (Prof. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D.), dan sambutan terakhir sekaligus membuka acara secara resmi oleh Bupati Bantul yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul (Ninik Istitarini, Apt., M.PH.). Dalam kesempatan tersebut hadir pula Panewu Jetis Bp. Anwar Nur Fahrudin, S.STP. dan jajaran Muspika Kapanewon Jetis, Para Wakil Rektor UST, para Kepala Biro/Lembaga di lingkungan UST, para Dekan dan Kaprodi UST, para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, dan Task Force KKN LP2M UST.

Rangkaian acara kegiatan Monitoring dan Evaluasi KKN menampilkan stand dari masing-masing padepokan KKN dengan memajang produk unggulan hasil kolaborasi mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat di lokasi KKN. Selain itu juga diadakan berbagai lomba dengan peserta dari mahasiswa KKN dan melibatkan warga sekitar. Adapun lomba-lomba yang diadakan yaitu:
– Lomba Stand Produk Unggulan
– Lomba Video Program Kerja Unggulan, diikuti oleh semua padepokan KKN
– Lomba Mewarnai, dengan peserta 47 anak-anak yang berasal dari warga sekitar
– Lomba Tari Tradisional
– Lomba Permainan Tradisional

Pengumuman pemenang lomba dibacakan oleh Kepala Pusat KKN LP2M-UST (Abdul Rahim, M.Pd.). Adapun sebelum penyerahan piala kejuaraan terlebih dahulu diawali dengan permainan tradisional Bakiak dan Egrang Batok Kelapa dengan peserta dari pejabat pemerintah setempat dan jajaran pimpinan UST. Penyerahan piala dilakukan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul, Rektor UST, Kepala LP2M UST, dan Lurah Canden. Seluruah rangkaian acara yang berlangsung pukul 08.45 WIB s.d. 11.45 diakhiri dengan acara meninjau stand produk secara bersama-sama oleh para pejabat/pimpinan yang hadir beserta seluruh tamu undangan.