Kegiatan Bakti Kampus KKN Periode I Tahun AKademik 2024/2025

LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Bakti Kampus pada tanggal 25 – 27 Juni 2024 yang diikuti oleh 898 mahasiswa peserta KKN Periode I Tahun Akademik 2024/2025. Kegiatan Bakti Kampus dengan tema: “Kampoeng-Kampus: Cinta dan Peduli Lingkungan” sebagai wujud kerja nyata mahasiswa sebelum diterjunkan di lokasi KKN yang tersebar di wilayah Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Klaten), Provinsi DIY , dan Kota Yogyakarta (bagi mahasiswa Program Paralel).

Upacara pembukaan kegiatan Bakti Kampus dilaksanakan tanggal 25 Juni 2024 di halaman Gedung Pusat UST diawali laporan kegiatan Bakti Kampus oleh Kepala LP2M UST (Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd.) dan sambutan Danramil 07/Umbulharjo Kodim 0734/Kota Yogyakarta (Mayor Arh Asil Harjanta) dilanjutkan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bakti Kampus oleh Rektor UST (Prof. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D.). Upacara pembukaan dihadiri oleh para Wakil Rektor, para Dekan, para Kepala Lembaga/Biro, Lurah Tahunan, para Ketua Pusat di lingkungan LP2M, relawan, tokoh masyarakat dan seluruh mahasiswa peserta KKN.

Lokasi Bakti Kampus yaitu di Sepanjang Jalan Batikan depan Gedung Pusat UST, Bantaran Kali Winongo dan Kali Gajah Wong, Ibu Pawiyatan Tamansiswa / Komplek Pendapa Tamansiswa (Taman Muda/Taman Dewasa/Taman Madya), Perguruan Tamansiswa Kumendaman (Taman Dewasa), Perguruan Tamansiswa Jetis (Taman Muda/Taman Dewasa/Taman Madya/Taman Karya Madya), Perguruan Tamansiswa Ngemplak, Sleman (Taman Dewasa/Taman Karya Madya/Pondok Pesantren Ki Hadjar Dewantara).

Dalam kegiatan tersebut melibatkan antara lain personil Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Polsek Umbulharjo, masyarakat sekitar kampus UST dan mahasiswa UST. Dalam kegiatan Bakti kampus ini, semua saling bahu membahu membersihkan ranting – ranting pohon, rumput liar serta sungai maupun selokan di sepanjang jalan Batikan. Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengendara yang melintas. Danramil 07/Umbulharjo dalam sambutannya menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan agar kehidupan menjadi sehat, serta untuk meningkatkan hubungan yang baik bersama warga. Melalui karya bakti dan bergotong royong bersama masyarakat ini agar tercipta kemanunggalan TNI dan Rakyat sehingga terpupuk kerja sama, terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan serta dapat meningkatkan hubungan silaturahmi antar sesama.