Bakti Kampus KKN Periode II Tahun Akademik 2023/2024

LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta pada Jumat, 22 Desember 2023 menyelenggarakan kegiatan Bakti Kampus dengan tema: “Kampoeng-Kampus: Cinta & Peduli Lingkungan” sebagai wujud kerjanyata mahasiswa sebelum diterjunkan di lokasi KKN pada pelaksanaan KKN Periode II Tahun Akadmeik 2023/2024. Lokasi Bakti Kampus dibagi menjadi tiga lokasi. Lokasi I: Sepanjang Jalan Batikan, Lokasi II: Kali Code, Lokasi III: Kali Winongo. Dalam kegiatan kali ini juga dicanangkan gerakan “Sampahku Tanggung Jawabku” ditandai dengan pembagian stiker kepada warga masyarakat.

Kegiatan Bhakti Kampus diawali dengan upacara pembukaan di halaman Gedung Pusat UST yang dihadiri oleh Rektor UST serta para Wakil Rektor, para Dekan, Kepala Lembaga/Biro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Lurah Tahunan, TNI, Kepala LP2M dan para Ketua Pusat di lingkungan LP2M, Ketua Tim KKN, relawan, tokoh masyarakat dan seluruh mahasiswa peserta KKN.

Sasaran kegiatan Bhakti Kampus meliputi berbagai tempat, diantaranya di sepanjang Jl. Batikan, gerakan bersih-bersih Kali Winongo, dan Kali Code. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh peserta KKN sejumlah 382 mahasiswa. Pelaksanaan Bakti Kampus di sepanjang Jl. Batikan Lokasi berkolaborasi dengan TNI, Komunitas “ALSA”, Alumni Pemuda Pelopor Dikspora, Pemerintah Kelurahan Tahunan dan warga masyarakatr sekitar. Bakti Kampus di Kali Winongo berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA), Forum Pengelola Sampah Mandiri, Pokdarwis Grojokan tanjung, dan Masyarakat. Sedangkan bakti Kampus di Kali Code berkolaborasi dengan Pokdarwis Brontokusuma, Komunitas :Gemati”, dan masyarakat sekitar.